Definisi ERP, Hubungan ERP dengan E-Commerce/M-Commerce, E-Business, OTT, dan Cloud Computing

0 Comments

Nama/NIM : I Wayan Andis Indrawan/1304505014
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah/Kode : ERP/TI029309
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.

Definisi ERP, Hubungan ERP dengan E-Commerce/M-Commerce, E-Business, OTT, dan Cloud Computing
ERP atau Enterprise Resource Planning secara umum memiliki definisi perancangan sumber daya perusahaan. ERP merupakan sebuah sistem informasi, perangkat lunak sekaligus kerangka yang diperuntukan sebagai proses manajemen inventarisasi dan kontrol perusahaan, perancangan distribusi barang, proses produksi barang, keuangan, pemesanan barang serta sejumlah aktifitas lainnya terkat dengan barang di dalam sebuah perusahaan, yang dilakukan secara digital.  ERP merupakan sebuah software yang mengendalikan seluruh departemen dan kegiatan perusahaan ke dalam sebuah sistem komputer. ERP juga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan semua divisi dalam perusahaan serta bertujuan mempermudah semua departemen perusahaan agar dapat saling bertukar informasi.
E-Commerce/M-Commerce memiliki hubungan dengan ERP yang mana berguna untuk memanajemen berbagai macam aktivitas pada E-Commerce/M-Commerce seperti memanajemen pemesanan, mengelola informasi supplier, mengatur stok dan pelaporan, mengelola akuntasi serta ERP dapat menyelesaikan permasalahan backorders. ERP juga berhubungan dengan Over The Top (OTT) yakni dengan adanya OTT tersebut pengguna lebih mudah atau simple mengoperasikannya dengan sebuah perangkat mobile seperti perangkat mobile tanpa harus berhadapan langsung dengan komputer.
Tidak hanya itu, Cloud Computing tentunya memiliki manfaat besar pada ERP, karena dengan menggunakan layanan cloud computing kita dapat menekan biaya kerja yang lumayan besar. Terakhir E-Business, keterkaitannya dengan ERP adalah lintas proses perusahaan dan ERP mendukung strategi bisnis untuk menjadi pintu gerbang peluang strategi yang baru. Teknologi web menjadi perantara antara perusahaan dan teman bisnis untuk membuat E-Business menjadi lebih mudah di akses secara terbuka. Dengan menggunakan sistem ERP dan platform E-Business, tenaga penjualan dapat melacak penjualan dan promosi via internet dan memberikan bantuan serta saran untuk meningkatkan kinerja mereka. Pedagang dan distributor memiliki akses untuk komisi laporan dan mereka dapat melacak dan menyesuaikan order penjualan. Melalui konsolidasi keuangan, kompensasi, penjualan dan data penipisan ke satu laporan.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Agus Eka  Pratama, S.T.,M.T, I Putu.2014.”Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-Teknologi Pendukung Lainnya.Bandung : Informatika
[2] Anonimus. 2015. ERP Related Questions
[3] Anonimus. 2013. E-Business dan Kawan-Kawan

I Wayan Andis Indrawan, S.TI., M.T.

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: