Langkah-Langkah Instalasi Prestashop Online
Nama / NIM : I Wayan Andis Indrawan / 1304505014
Jurusan/Fakultas/Perguruan Tinggi : Teknologi Informasi/Teknik/Universitas Udayana
Mata Kuliah/Kode : ERP/TI029309
Dosen : I Putu Agus Eka Pratama, S.T., M.T.
Pengertian Prestashop :
Prestashop adalah satu dari sekian banyak software open source yang digunakan sebagai E-Commerce yang berbentuk aplikasi CMS (Content Management System) dengan basis PHP program language. Prestashop sendiri dikelola oleh para pengembang seluruh dunia, sebagai ciri utama aplikasi open source. Prestashop sendiri memiliki pusat pengembangan di Negara Perancis. Pretashop selalu menawarkan untuk mengizinkan siapapun untuk ikut serta didalam mengembangkannya, mendownload secara gratis, menggunakannya, menyebar luaskan, dan berbagi informasi secara online.
Installasi Prestashop :
Selain dapat digunakan (install) pada komputer pribadi dan server, Prestashop juga bisa dijalankan secara online tanpa melakukan instalasi. Dibawah merupakan halaman yang digunakan untuk mencoba versi prestashop yaitu fo.demo.prestashop.com/en. Berikut ini merupakan tampilan yang akan tampil ketika anda mengetikkan link tersebut. PC/Laptop harus tersambungkan dengan internet.
Screenshoot diatas merupakan contoh demo dari Prestashop Online yang dapat di akses pada laman fo.demo.prestashop.com/en/
Untuk bisa menggunakannya, user terlebih dahulu harus melakukan sign in, pertama-tama user harus membuat akun baru seperti screenshoot dibawah dengan cara mengetikkan alamat email Anda dan klik create an account.
Setelah mengklik new account maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, Anda harus melengkapi data diri anda seperti pada screenshoot, lalu klik register maka Anda telah memiliki sebuah akun Prestashop.
Dibawah ini merupakan tampilan ketika anda sudah login.
lalu masuk kembali ke home, tampilannya menjadi seperti dibawah ini dan ada nama anda di pojok kanan atas halaman.
Setelah anda meng-klik 1 baju maka akan muncul tampilan seperti screenshoot dibawah ini yang menampilkan kuantitas (jumlah) yang tersedia. Ketika pengunjung online melihat produk-produk anda yang telah anda pajang di Prestashop, kemungkinan mereka akan tertarik dengan salah satu produk. Setelah adanya info jumlah produk yang tersedia maka akan membuat konsumen lebih tau informasi dan akan meningkatkan kepuasan konsumen. Konsumen tidak akan ragu lagi untuk membeli produk tersebut. Tampilan stok produk juga membantu anda dalam proses inventori toko online anda.
Dibalik menampilkan banyak stok produk prestashop menyediakan layanan untuk memberitahukan informasi kepada publik dari calon konsumen yang akan membeli produk anda melalui email. Dengan meng-klik menu yang ada dikanan produk maka sistem akan mengirimkan informasinya ke alamat email yang telah diketik oleh calon konsumen.
Berikut merupakan tampilan ketika konsumen telah mengetik alamat email dari temannya dan meng-klik send, maka informasi sampai pada teman dari konsumen tersebut.
Untuk mempermudah konsumen dalam melihat produk dengan gamabr yang lebih besar, maka prestashop menyediakan fitur untuk memperbesar gambar dari setiap produk (zoom in).
Berikut menampilkan produk yang berkaitan dengan produk lainnya. Sebagai contoh, ketika klik menu women maka akan muncul sub menu tops dan dresses. Dengan adanya hubungan produk, maka konsumen dapat membandingkan dengan mudah.
Prestashop juga menyediakan menu untuk memudahkan konsumen untuk dapat menginputkan wishlist untuk sebuah atau beberapa produk lainnya. Sehingga anda sebagai penjual akan mengetahui produk mana saja yang harus ditambah stoknya. Konsumen bisa memilih menu add to wishlist yang terletak dibawah gambar produk.
Dibawah ini merupakan tampilan daftar wishlist yang telah diinputkan oleh konsumen yang telah berisi tanggal kapan konsumen tersebut membuat wishlistnya. Perhatikan screenshoot dibawah.
Prestashop menyediakan fitur untuk Melakukan peninjauan dan penilaian produk (review) agar memudahkan pemilik toko dan konsumen toko online untuk dapat melakukan ulasan suatu produk yang dipajang. Ini akan membantu pengunjung lain untuk memperoleh masukan sebagai bahan pertimbangan.
Selain konsumen bisa mengirim informasi ke teman mereka melalui email, prestashop juga menyediakan fitur mengirim ke teman melalui media sosial. Menu ini akan mempermudah anda dalam marketing yang semakin luas cakupannya, jika semakin luas maka konsumen yang anda peroleh tentunya semakin banyak lagi. Cukup dengan mengklik menu media sosial seperti dibawah ini. Prestashop hanya mendukung 4buah media social yaitu teitter, facebook, google plus, dan pinterest. Dibawah merupakan contoh share melalui Google+
Daftar Pustaka
[1] Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2015. E-Commerce, E-Business, dan Mobile Commerce. Bandung : Informatika.
0 comments: